Oleh: cutemom16 | Februari 19, 2009

Wanita Karier VS Ibu Rumah Tangga

Hai blogger…Kira2 perbedaan apa yang paling mencolok antara dua profesi ini? Wanita karier cenderung lebiih mandiri, mapan, berpenghasilan sendiri dan tentunya cenderung berprinsip. Sedangkan Ibu rumah tangga sesuai dengan pengalaman gw sehari2 yah, kalo gw siy..bosen bgt dirumah, ada rasa iri tersendiri sih melihat teman2 gw yang bekerja, khususnya dalam hal keuangan. Dalam masalah Trend juga gw agak lemot sekarang..Tapi disaat Hujan deras, Panas terik , kemacetan, banjir melanda..Kelebihan gw, gw bisa enak2an tidur drumah, tanpa harus merasakan fenomena alam tersebut..Ibu rumah tangga juga capek loh, memikirkan masakan apa yang harus dibuat hari ini, merawat dan mengajari anak, belum lagi masalah beres2 rumah.. Terkadang gw ngerasa wanita karir lebih bermakna daripada house wife, tapi  house wife juga lebih bermakna daripada wanita karir asalkan kita bisa mengikuti perkembangan zaman yang ada,tentunya yang positif yah…So, intinya saat ini gw ga malu hanya sekedar menjadi ibu rumah tangga demi anak semata wayang gw..

Responses

  1. jeung…
    bangga banget blue mendengar keikhlasanmu
    dan kuharap segalanya dapat lebih indah perjalanan jeung cutemon bersama keluarganya
    salam hangat selalu dari blue
    salam persahabatan sejati
    datang ke apartemandnya blue yang baru ini ya
    blue tunggu

    cutemom : oh..ini blue..hai blue..btw kok alamat blognya ga ada blue…emang ada apa siy kmrn?

  2. wanita karier tanpa jadi ibu rumah tangga jauh lebih hampa, ibu rumah tangga tanpa karier tak perlu iri. Mendidik anak-anak adalah sangat mulia

  3. kalo gw lebi prefer ama ibu rumah tangga…
    scara dy pengorbannnya lebih besar gitu..

    super sibuk ngurusin rumah tangga…

  4. Darling…

    Ada yang harus kita bayarkan juga untuk menjadi seorang wanita karier..dan pastinya ada harga lebih untuk menjadi ibu rumah tangga.

    Hehehe…
    Baru baru ini gue ribut sama seseorang yang bilang gue gak ngurus anak cuma gara gara gue kerja…gue udah bikin postingannya..tapi gak tau kapan gue sebar..hehe..lo tau kan ..gue kalo udah marah marah …serem! kekeke

    BTW..

    Beruntunglah kamu bisa mengasuh anakmu 24 jam sayang…
    Namun jangan pula remehkan kecintaan dan kesungguhan hati seorang wanika pekerja kepada anaknya.

    Salam cium buat abang ya..dari Tangguh dan bundanya :)

    *kenapa siii kalo komen di blog mu aku selalu serius! hehehe*

  5. jaman sekarang kayaknya banyak yang wanita karir kepaksa karena tuntutan ekonomi dan pertimbangan masa depan anak juga. dah gitu jaman sekarang kerja swasta itu gak nyaman, harus siap2 di PHK sewaktu waktu makanya kayak bu Eny bilang istri juga kudu bantu. seandainya jadi pns..enak kali yee

  6. Jangan dikira Ibu Rumah tangga itu tidak sesibuk Wanita Karier lho …
    Justru IRT itu pekerjaan yang hampir 24 jam … melelahkan …
    Masing-masing punya kelebihan … masing-masing punya kesulitan …

    Sebagai Suami … saya harus sadar itu …
    Bundanya anak-anakku juga manusia biasa …

    So …
    Senin Jum’at 08.00 – 17.00 wanita bekerja
    Sabtu – Minggu : Ibu rumah tangga …
    Balancing … !

  7. Justru di rumah banyak pahalanya lho.

  8. seneng mboke rangga jadi ibu rumah tangga
    tapi ngak mau
    trus? ya trima ajah

  9. hhmm yang jelas kata orang amalnya lebih gede IRT

  10. wanita karir,, hmm.. pikirannya kebagi 3:
    kerjaan, suami, anak2

    ibu rumah tangga, juga kebagi 3, cuman bedanya:
    suami, anak2, rumah
    :D

  11. 24 jam dibagi untuk banyak hal. Bikin Time mapping aja…kapan kerja..kapan antar anak. kapan ngurus suami. kapan kapan yang lainnya….memnag sih akan menghabiskan waktu bersama sikecil agak tersita. Solusinya tetep keep contack selama di tempat kerja.

    Wanita karier atau ibu RT sama aja….ujung2nya demi anak.
    Salam saya untuk mbak dan keluarga ya…peace

  12. Klo saya pengennya jadi wanita karir plus ibu rumah tangga :D Mungkin dengan bekerja di rumah…nyari duit (berdasarkan hobi) yg bisa dikerjakan di rumah jd tetep bisa ngasuh anak2. Lho kok jd curhat :D Maap mba…jd curhat colongan deh :D

  13. Yang paling betul itu jadi rumah tangga yang baik dulu..

    Baru jika ada waktu luang bisa digunakan untuk berkarier(berkarier tidak harus masuk kantor low)

    Terus masalah anak, ya anak lah yang akan terkena dampak pertama saat memutuskan untuk menjadi wanita karier..
    Anda sendiri kan yang bsia menimbang plus minusnya..

    Salam hangat Bocahbancar untuk Cutemom..
    Nice mom…(^_^)

  14. salam kena lbu
    paradigma yang harus diubah,bahwa menjadi ibu RT juga bekerja. Mulia, juga dituntun profesional.
    problemnya adalah penghargaan terhadap profesi ini,halini tidak lepas dari kontruksi sosial masyarakat.
    ………..
    thanks ibu

  15. bener banget jd ibu rumah tangga itu juga bekerja..aq setuju sama komentarnya mbak shalimow.com

  16. Hehehe, setuju Mom :D

    Biarpun ibu rumah tangga, yang penting bisa ngebahagiain orang yang disayangi.

  17. btw saya pernah baca bukunya what’s color is your parachute dick boles dan shark proofnya – harvey mackay…. jadi ibu RT bisa diakui sebagai pengalamn kerja lo… coba lihat di litaratur2 tentang job hunting versi luar negeri…. udah banyak yang menyatakan itu sebagai karir… so kenapa takut jadi ibu RT?

    selamat ya :)

  18. Bersyukurlah bisa memilih jadi ibu rumah tangga…
    Saya dulu berkarir dulu, baru berumah tangga…semua ada plus minusnya, tapi tujuannya tetap satu, bagaimana bisa mendidik anak-anak menjadi anak yang berguna bagi masyarakat dan mandiri.

    Hasilnya baru terlihat nanti, sekian puluh tahun kemudian…

  19. Setuju… btw jd ibu rumah tangga jg bisa sambil dapat penghasilan dg jd work at home moms.. dan tetap punya perhatian besar untuk keluarga.. yuk kenalan di webku http://www.bundaonline.info

  20. gmana klau dua-duanya aja, jadi wanita karir plus ibu rumah tangga yang baik??? ;-)

    berkarir kan gak harus ngantor…bisa buat usaha sampingan yang gak mengharuskan mbak sering2 keluar rumah….

    iya toh????

    (*heheh… sok teu nich aku..)

  21. jeung.
    temani blue markir tuh heheh……..
    salam hangat dalam dua musimnya blue ya

  22. Kata si mbah,

    Wong Wadon kesrimpet bebet, mlayune neng Pawonan…halah…

  23. seandainya gw ada kesempatan disuruh milih antara wanita karin and house wife, gw bakalan milih wanita karir, dengan catatan tanpa harus melepaskan tanggung jawab (as wife and as mom).kalau bisa sih kerjanya jangan ampe kemalaman aja…
    biar sempat ngurus rmh n ank…
    hehehehe…
    *kok gw jd mrasa da punya wife yah…
    hehehe…
    salam

  24. pengen punya istri yang bisa ngurusi dirinya sendiri..ntu baru manteb..strong

  25. Saya kira ke22 nya punya kelebihan masing2 kok, So… Bagi anda yg berprofesi IRT jgn berkecil hati, krn anda bisa memperhatikan keluarga secara utuh dibanding Wanita Karier yang “Kurang Perhatian” sama keluarga demi menambah penghasilan/ekonomi.

  26. hmm.. menurutku yg minim pengalaman ini..

    bener kata mbak, smua ada kelebihan dan kekurangan.. tpi, kalo Q di suruh milih.. ntar kalo punya istri.. mending yg ibu rumah tangga aja deh… kelihatannya kok lebih gimana gitu.. he.he..

    salam kenal ya mbak.. smoga isa jadi ibu rumah tangga, sekaligus wanita karir… berkarir dr rumah isa kan, bisnis online misalnya.. ;)

  27. klu di suruh milih, gw milih istri yang bisa ngejalanin keduanya dengan baik, hehehhehehe.. :P

  28. hai,,,! salam kenal… dan jangan lupa kunjungan balik

  29. ya tinggal cari duit aja mba
    engga harus jadi wanita karir ko
    ada beberapa pekerjaan yang bisa dikerjakan sambil mengasuh anak.
    ini salah satunya : http://miacantik.com/dbc

  30. Jadi ibu rumah tangga itu enak, bisa BBS (Bobo Bobo Siang) di rumah…
    Kalo wanita karir pusing ngadepin boss dan pekerjaan. Tp ada enaknya jg sih, kita ketemu banyak orang, dandan tiap hari, punya duit sendiri gak harus ngemis ke suami… hahahahha..

  31. buat saya ibu rumah tangga adalah profesi yang sungguh luar biasa… walaupun capek setengah mati, imbalan yang pasti pun gak ada… saya salut dengan para ibu yang rela untuk menjadi ibu rumah tangga..

  32. Keliatanya sich semua kembali ke setiap orang yg menjalani sich, buktinya apa ? banyak mereka yg menjadi wanita karir tapi hidup keluarganya berantakan pun sebaliknya :)

    Tapi disisi lain juga ada seorang istri yg menjadi ibu rumah tangga saja merasa terkekang dan akhirnya kisruhlah keluarganya dan sebaliknya juga :)

    Sehingga menurutku adalah sikap dan saling bijak serta mengutamakan cinta kasih diantara keluarga itulah yg jauh lebih penting daripada sebuah status :D ckckckck *Sok tau banget gue :D ehm ….

    Lam NaL yach :)
    *membingungkan juga sich :D

  33. selamat berakhir pekan,duhai perempuan bermata hati nan suci.
    selamat menikmati akhir pekannya ya,jeung
    salam hangat selalu

  34. surga di telapak kaki ibu, bukan wanita karir, hahaaa …

  35. Lebih bagus lagi wanita karier tp sekaligus ibu rumah tangga yg bertanggungjawab pd keluarganya. Boleh dong tukaran link….????

  36. Tuhan menciptakan sesuatu itu ada kelebihan dan kekurangannya. Apabila kita tdk bisa menjadi wanita karier maka jadilah ibu rumah tangga yg Baik.

  37. Wanita karir sich oke, ibu rumah tangga juga ok, yang paling penting adalah , bagaimana bertanggungjawab sebagai istri.. :D

  38. kalo saya boleh milih istri sih yang ibu rumah tangga. biar anak jadi lebih dapat diperhatikan. :) :pis:

  39. Aku dulu juga berkarir dulu … baru berkesempatan tinggal di rumah untuk mengurus anak saat suami meninggalkanku …

    Pertama rasanya tidak kerasan … tapi ini di Perancis bukan di Indonesia di mana wanita berhak tidak kerja untuk mengurus anaknya jika diperlukan sekali dan tetap mandiri…

    Setelah aku coba dan aku dalami semua … tak ada jeleknya juga … toh ibu rumah tangga itu juga pekerjaan yang berat … mana lagi anak-anak makin perlu bimbingan. Apalagi saat liburan sekolah … masak seh pembantu bisa ngajari memotret … bernyanyi dan bermain piano … curhat … berenang bersama … dan masih banyak lagi ….

  40. Hai Mom….
    Ikut komentar ya….

    Setiap profesi pasti ada suka duka tersendiri….
    Wanita karier juga…. Ok
    Ibu Rumah Tangga …. Ok
    Semuanya Sudah pernah kurasakan….

    Ibu rumah tangga, memiliki peranan yg sangat penting…., karena ini adalah proyek 20th dalam mendidik dan membimbing anak2, sehingga anak2 bisa menjadi Pribadi yang bertanggung jawab, Mandiri , dan Memuliakan Penciptanya.

    Sudah pasti…dibantu oleh suami sebagai ketua team.

  41. Hai Mom….
    Ikut komentar ya….

    Setiap profesi pasti ada suka duka tersendiri….
    Wanita karier juga…. Ok
    Ibu Rumah Tangga …. Ok
    Semuanya Sudah pernah kurasakan….

    Ibu rumah tangga, memiliki peranan yg sangat penting…., karena ini adalah proyek 20th dalam mendidik dan membimbing anak2, sehingga anak2 bisa menjadi Pribadi yang bertanggung jawab, Mandiri , dan Memuliakan Penciptanya.

    Sudah pasti…dibantu oleh suami sebagai ketua team.

    Thanks

  42. huy,,,,
    gabung yupz,
    emangnya wanita karier itu more better than ibu rumah tangga yupz….

  43. jangan malu dong jadi ibu rumah tangga :)
    tanpa melewatkan masa pertumbuhan emas anak kita, masih bisa kok cari tambahan :) contohnya saya….visit http://rumahjahithaifa.com ya moms

  44. saya aja yg kerja kantor, dalam hati pinginnya jadi IRT, lo…
    cuman..kaloo kerjaan rumah dah kelar, ntar ngapain lagi??masih bingung juga, soalnya saya tergolong gak pingin diem dirumh

  45. lebih enak jadi ibu RT karena selalu dekat dengan anak, jadi wanita karir dan juga ibu RT sama2 capeknya, tapi kalo menurutku lebih capek wanita karir, pulang kerja penegn istirahat tapi mesti harus nemenin anak amain atau ngajarin belajar, melayani suami. tetap semangat buat para ibu RT, soal rejeki Allah pasti memberi cuma jalannya kan ga harus dari wanita karir. dari pengalaman pribadi niy hehehehe

  46. Alhamdulillah aku jadi ga ngerasa minde lagi jadi IRT..Insya Allah Rezeki diberikan apabila kita selalu nersyukur..aamiin

  47. salam kenal mba cut mom, sy boleh curhat sedikit yaa..(maksa deh) gini mba aku lg bingung mo kerja apa dirumah aja secara aku baru lulus sarjana tp dh punya baby skrg umur 2 thn, pnglmn slama kuliah smbil urus anak memang capek banget bikin aku turun 20 kg dari melahirkan ampe sekarang (balik lagi kaya gadis). bgitu lulus n ga ada kerjaan rasanya enak banget bisa bangun siang, nemenin anak seharian dan perubahan lain suami jadi ga sering marah2 dan mau bantu beres2 ketimbang dulu wktu saya masih kuliah, saya ngerasa kondisi kaya gini jauh lebih nyaman daripada dulu. tapi saya mikir lagi klo bgini terus(jadi IRT TULEN) sayang ama gelar saya ga dimanfaatin, dan pengen megang uang sendiri juga tnpa nunggu dri suami (suami trmsuk perhitungan, maklum usaha sendiri). tapi klo kerja kasian ma anak udah sering ditinggal wktu kuliah eh skrg mo ditinggal kerja, emang si mba saya ngerasa anak saya kurusan semenjak ditinggal tapi untungnya kami tetap dekat krena saya jarang pakai pembantu…tolong dong mba mungkin mba bisa kasih dampak positif dan negatif jika memilih jadi working mom at office sama house wife tulen.makasih.

  48. Ibu bekerja tidak wajib, tapi apabila suami tidak mencukupi menjadi nilai lebih. Lebih utama menjaga dan mendidik anak dirumah juga sebagai bukti sayang terhadap anak melebihi ego pribadi yang hanya tidak ingin minta uang kepada suami buat kebutuhannya

  49. hahahahaha

  50. mantab juga lau seorang ibu mau jadi wanita semagat, tapi semangat bekerjanya jangan terlalu berlebihan. tenlung pemutih, pelangsing dan peningi.tenlung

  51. bangga donk jd ibu rmh tangga,mengurus anak2 dan suami.. Hidup jd bahagia,krn tiap waktu bisa lihat perkembangan anak2ku. Selain itu pekerjaan rmh tangga,merupakan ladang amal buat wanita. Menghandle anak2 sendiri dlm pembentukan pribadinya,tock buat investasi ksh sayang untuk masa tua.

  52. Nice posts. Menjadi wanita karir atau ibu rumah tangga merupakan sebuah pilihan dan tentu saja keduanya membutuhkan rasa tanggung jawab yang tinggi. Namun, yang paling penting adalah bagaimana kita memahami peran dengan baik serta siap dengan segala konsekuensinya.

  53. kalau jadi IRT tapi kurang uang bagaimana? Daripada hutang kiri kanan mendingan bekerja dong. Iya ga?

  54. Di jaman serba sulit gini, para suami mungkin lebih banyak ♈ƍ pengen punya istri ♈ƍ bisa mensupport keuangan RT. Entah dgn berkarir di kantor ato bekerja di rmh. Idealnya sih istri bekerja di rumah, jd bs dpt penghasilan sekaligus ngurusin anak n RT.

  55. …. yang bagusnya sih…. wanita karir… but urusan rumah tangga tetap lancar…..


Tinggalkan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

