Oleh: cutemom16 | Desember 5, 2008

which one yah….?????

duuuhh…gw ngetik ni posting pelan2, coz anak gw lg modom (bobo). jangan sampe dia wake up. kalo dia dah wake up, ibarat kata ni laptop bokap gw bisa dipatahin screen nya..so. be quite..

gini ni..ga kerasa anak gw dah mao 3 taon aja yah…gw cuma mau masukan n saran TAPI bukan KRITIK ya (hehehehehehe)..zaman sekarang banyak pree-school or play group sebelum masuk TK..lo tau ngga, juni kemaren gw pernah mau daftar, udah dengan PD gw masuk ke playgroup yang ada di MALL  dekat rumah, gataunya 5 juta bo!..duit tuh?..ya iyalah masa ya iya dong!ni play group apa rampok? ga mau bgt gw, 5 juta buat play group, kalo masuk TK/ SD gpp kali..selain uangnya ga cukup, gw juga msh bingung..akhirnya ga jadi dech…

anak gw siy blom bisa baca n sampe skrg bru  tau warna merah n biru, tapi semua benda dia dah tau, krn gw sllu menggambar n nanti dia yg tebak..masalah religi, dia dah hapal doa sebelum tidur, sebelum makan, doa untuk orangtua n doa dunia akherat gitu loh…masih kurang banyak siy

INTINYA aja dech yah…menurut blogger2 semua kira2 pilih PLAYGROUP ATAU LANGSUNG TK AJA?????

help mee..pliz


Responses

  1. gimana yah,jeung……..langsung TK juga baik namun ikutan Playgroup juga baik karena dapat mengenalkan sesuatu yang baru dalam lingkungan yang baru buat sang buah hati jeung.

    terapkan sesuatu dalam batas yang tersentuh bagi sang buah hati jeung. niscaya perlahan lahan akan ada satu langkah yang baik yang nampak [pada emosi perkembangan buah hati jeung.

    jeung si blue sok tahu ya……padahal ia sendiri belum berkeluarga hanya mengutif dari buku buku dan selalu memahami seromoni perjamuan hidupku zaja, jeung

    salam hangat selalu

    cutemom cantik : makasih yah..berguna bgt masukannya…

  2. Ini seperti masalahku ketika anak I ku berumur 3th 1/2(Juni 2003), so pasti ditolak di TK, mau dimasukin playgroup kok mahal sekali. Waktu itu aku dikenai 20jt, ditawar-tawar bisa turun 12jt.

    Sayang sekali, uang segitu utk belajar keplok/tepuk tangan. Lalu aku putuskan untuk tunda saja. Karena pekerjaanku tidak kantoran, maka aku masih bisa mendampingi anaku setiap hari. Aku ajarkan menulis (pertama membuat coretan), mengenal huruf, hingga membaca. Selain itu aku ajarkan bernyanyi, mengambar.

    Th. 2004, terpaksa aku balik ke Perancis. Bulan Mei, aku daftarkan masuk ke TK, ternyata anakku berhasil masuk ke TK besar. Sekarang umurnya 9th di kelas 4, tak ada masalah sama sekali (karena di sini ngak ada rangking,jadi ngak bisa bilang) tapi dia termasuk anak yg tak ada masalah sama sekali. Dari nilainya selalu maksi.

    Waktu klas I, pernah dia diusulkan utk lompat kelas. Pada masa percobaan 3 bulan, dia malah tak mau belajar sama sekali. Jadi terpaksa aku tolak. Ternyata dia tidak diterima oleh teman-temannya.

    cutemom cantik : oh..mahal bgt yah mba..20 juta…duuuh..!!!puyeng deh gw..dulu gw pernah dateng ke playgroup islam, waktu anak gw umur 2 tahun 4 bulan, tp kepala sekolah bilang terlalu muda ntar bosen sedangkan uang ga bisa kembali kalo anaknya ga mau masuk sekolah lg..n waktu gw bilang anak gw agak usil, lumayan aktif trus kepala sekolahnya bilang pengasuhnya harus masuk kelas juga nemenin anak gw..duuh…!!!!gw kan ga pake pengasuh, berarti gw sendiri dong ikut masuk kelas duduk samping anak gw….#@#$@@#$

  3. ma kasih dah mampir ke gubuk gue yang opating pleot

    ha ha salam kenal awaer dunk

    test pertamax

    cutemom cantik : ok..!

  4. homeschool aja. ngga usah masuk TK Ato SD ..
    kalo playgrup nanggung, mending dirumah aja blajarnya..
    hhi

    saran dr aku ga penting bgt ya? hhi

    cutemom cantik : hehehehe..homeschool agak ga bagus juga, ntar anak gw kuper dunks!!!

  5. Ia mom, homeschooling aja, daripada buang duit. Tapi tetep masuk TK sama SD ntar. Cuman gak pake playgroup aja, skulnya cuman tepuk-tepuk tangan aja ama nyanyi-nyanyi. Hehehe…:)

    Ia mom, ntar tak kerjain designya, sekarang masih sibuk ama tugas skul n ngejar ketinggalan pelajaran.😀

    cutemom cantik : yaah..kalo cuma tepuk2 tangan, mending sama gw aja sendiri de’..
    oke deh ..gw tnggu ya de’

  6. playgroup dulu kali ya? karena biar bisa bergaul dulu… gak tau si.. belum punya anak..

    cutemom cantik : iya yah..biar bnyk temen..makanyaaaaa cepetan nikaaaaaaaah

  7. rampok tu bu bukan play grup..mending yang negeri aja

    cutemom cantik : hiik..hiik. iyaa yah..gw laporin aja ma polisi kali ye..pemerasan…

  8. lihat kondisi si anak dulu, terkadang ada anak yang masih doyan main sama bapak-ibunya, jangan terlalu dipaksa perkembangan anak

    contoh ada anak ttg saya dah masuk playgroup ternyata di masih suka main dilingkungan rumahnya untungnya tuh ortunya ga maksa jadi dibiarin dulu dan akhirnya seiring waktu anak tuh masuk TK ketika tiba saatnya..

    cutemom cantik : iya yah…apalagi masa percobaan masuk sekolah cuma 1 hari..lain kalo seminggu…

  9. Klo menurut gw sih klo ada rezeki bagus masuk playgroup dulu, tapi jangan harapkan dia langsung bisa baca novel ya…intinya disana untuk belajar bersosialisasi dengan orang banyak dengan bermacam karakter&latar belakang yang berbada. Ini penting agar kelak dia tidak menjadi manusia picik serta katak dalam tempurung yang sejati.
    Tapi cari playgroup yang sejak dini mendidik anak dengan nilai2 Islami Ahlak-Ilmu-Amal karena ini adalah modal terbesarnya menjejakkan kaki di belantara dunia ini yang ke depan semakin gelap.
    Mom, sekolah yang mahal tidak menjadi jaminan!!!

    cutemom cantik : iya, makanya gw cari sekolah yang murah..hehehehehehe..rata2 playgroup 1.5 juta n perbulan 100..belum tambah biaya2 tak terduga…

  10. darling…

    kalau memang ada dana …gue rasa gak ada salahnay masuk playgroup🙂

    tapi kalo gak ada..ya langusng tk juga gak papa..

    Gue percaya pendidikan di usia dini berawal dari rumah..dan pendidikan akademis nantinya akan berjalan sesuai umur serta waktu…

    Kamu memang kebetulan dapat yang mahal deh kayaknya..

    Kalo deket rumah ku sini ada kok yang cuma 3 jutaan ..heheh

    Kesini aja gimana?!?!

    Jauh kali Yess..jauhhhh

    kekekekke

    cutemom cantik : no big sis..ada yg lebih murah lagi..1.5 juta but ya itu uang gasa kembali kalo anak kita bosan n ga mau sekolah playgroup lagi trus buat anak gw yang lumayan aktif, iseng, usil katanya mamanya mesti masuk kekelas juga buat ngontrol keaktifannya biar gurunya ga repot..duuh!!!!gurunya malez bgt yak!!

  11. Menurut saya, biaya segitu untuk play group terlalu mahal. Jangan silau oleh “mode” orang2 menitipkan anaknya di play group. Asal anak di rumah dididik dg baik, PG tidak terlalu signifikan. Mbak bisa baca2 buku pendidikan prasekolah yang sudah lumayan cukup. Yang tak kalah penting anak diajak bersosialisasi dg lingkungannya, misalnya diperkenalkan dg anak2 sebayanya, diajak ke mall, kantor ortunya (sekali2) disertai dengan bimbingan ortu dalam bentuk penjelasan2.

    Tanpa PG, masuk TK sudah lebih dari cukup asal ortunya mengerti pendidikan prasekolah (preschool education). Sering PG kan hanya bisnis yang menangkap peluang kegelisahan para ortu terhadap perkembangan anaknya, tanpa tahu cara mendidik berkesinambungan. Umpamanya PG bagus terus TKnya kurang, lalu bagaimana kondisi psikologis si anak? Jadi menurut saya, tak perlu dipaksakan masuk PG. Maaf seperti khotbah ya😀 Salam kenal, mbak.

    cutemom cantik : gpp khotbah…kan khotbah ga mesti hari jumat aja..hehehe..ya semua jadi pertimbangan gw buat menentukan pilihan jadi play group or langsung TK aja..coz gw juga blum mapan niy

  12. Hmm, berhubung saya gak TK atau PG. jadi bingung mo kasih tau yang mana..🙂

    cutemom cantik : ah yang benar?????jangan2 SD enggak lagi..hehehehehe sorry just kidding!

  13. Yg terpenting klo menurut sebelum TK atau playgroup adalah pendidikan dari keluarga, dlm hal ini adalh kedua orang tuanya.yakni dg memberikan suri tauladan, perilaku yang baik.

    cutemom cantik : oke..oke bos!

  14. Kalo menerut aku sih ya langsung tk aja, playgroup kan bisa dirumah, kecuali kalo orang tuanya sibuk banget….

    cutemom cantik : ya, mksh yah sarannya

  15. Kalau menurut saya sih, harus dilihat kasus per kasus tidak bisa disma ratakan… kalau orang tuanya sibuk/kantoran dan ada dana… ada baiknya agar ikut Play Group, tetapi kalau orang tua punya waktu yang cukup untuk membimbing anak anaknya setiap hari dan dana yang sedikit pas pas an … saya rsa tidak perlu masuk Play Group… lebih baik dananya dialihkan untuk membeli permainan yang sifatnya mendidik dan di praktekin di rumah…..

    cutemom cantik : gitu yah bang????semua masukan ada benarnya juga siy, n alasannya tepat bgt..aku termasuk yg masih dirumah aja..punya banyak waktu juga…

  16. saya sependapat dengan anda, tapi saya cenderung memilih ke TK,

    salam.

    oh ia horas ito

    cutemom cantik : Horas juga yah..iya sih..sampe skrg msh bingung..tuntutan ortu juga nih…biar anak ga dirumah terus

  17. anak saya juga kayak mbak masih 3 tahun.karena kami berdua kerja di LN jadi kasian juga dia kalo cuman ndekem di dalam rumah ama nanny nya tidakada sanak saudara….rasanya kasian gitu..dan ndak adil buat dia..wong bapak ibunya kerja di luar dia cuman dirumah. biar bayarnya besar itung2 bales rejekinya kita khan dari anak juga..tapi walau bagaimanapun sesuaikan dengan kemampuan.harus itu.

    cutemom cantik : benar sekali…makanya ga kerasa anak dah gede..dah mau sekolah..jadi mesti hemat2 niy biar bs nabung buat sekolah..ayooo sekoolaaaahh

  18. diliat dari ketersediaan dana dan kemauan anak mbak aja…
    sapa tau dia ngga mau PG tapi langsung SMA..

    *halah ngaco*

    kunjungan pertama…
    salam kenal…
    wish u all da bez…

    cutemom cantik : iihhh langsung SMA..kenapa ga langsung Tunangan aja kali ye…hehehehe

  19. Tak masuk Play group juga nggak papa kok.

    Kalau memang mamanya sibuk misalnya kerja atau kuliah, ada baiknya dimasukkan penitipan anak.

    Kalau terlalu mahal, mending cari pembantu yang baik untuk jaganya, gajinya tak sampai segitu.

    Tapi jangan cari yang cantik, ntar maminya cemburu buta …… hehehehe …..

    cutemom cantik : wah kalo gw pake pengasuh buat anak gw. pastinya bukan yang muda…pastinya yang dah emak2…masa yang muda/yang ABG sih…ntar pasaran gw turun nih…

  20. Tergantung kematangan anaknya. Anak bungsu saya sekolah sejak umur 2,5 tahun karena udah mulai bosen di rumah….dan justru senang sekali sekolah (walau dianjurkan kalau tak perlu datang tiap hari).

    Dan perkembangannya baik, dia jadi punya teman, senang menggambar, dan mulai umur 4 tahun udah ikutan loma piano yang diadakan WIC Bandung.

    Si sulung, langsung TK umur 4 tahun, dan umur 5 tahun masuk SD

    cutemom cantik : wah anak ibu hebat2 ya bu..

  21. kalo emang ada biaya, masukin playgroup aja
    kalo blom ada tetep bisa dijalanin di rumah
    yg penting dia bisa ngenalin huruf

    cutemom cantik : wah..yang ngenalin hurufnya tuh yg susah bgt

  22. sebenernya anak seumuran itu harus tetap bermain karena untuk merangsang otak, ya kalau ada dana playgrup juga boleh tapi kalau engga ada ya endak usah dipaksakan……..

    atau masuk playgrup aja tapi biayanya tk gimana…….😀

    cutemom cantik : yah…kalo biaya TK ga laa yaahh..

  23. kalo masuk ke playgroup dulu memang jauh lebih bagus sih..tapi kalo gak punya duit, apa mau dikata…

    cutemom cantik : bener bgt tuh

  24. Kalau menurut saya, play group itu perlu ditempuh jika kemampuan sosialisasi anak kurang. Misalnya anak kurang bergaul, anak penakut, dll.
    Tapi kalau kemampuan sosialisasi anak sudah baik, mending langsung masuk ke TK aja.

    cutemom cantik : wah anak gw ga penakut..malah sok berani…gw ampe kewalahan

  25. gak usah play group, langsung TK aja…
    karena di TK baru mulai belajar…cuman emang kalo ada uang yah bisa juga dimasukkin di PG, biar anak kita terbiasa dengan suasana sekolahan dan banyak temannya..hehehe (nyambung gak yah…???)

    gitu deh,

    salam,

    bonar

    cutemom cantik :oh..gitu yah bang..okelah jadi pertimbangan nih

  26. ponakanku sih ikut playgroup mulai dari 3 taon.
    Anjrit beneran mahal banget, masuknya sekitar atau lebih kali dari segitu.

    TK-nya uang masuknya 7 jt, itu bukan kelas internasional ato apa cuma TK katolik biasa yang sekelas itu 30 orang.

    RRrrrhhhh ngeri abiezzzzzz…

    Tapi ga perlu dipaksa kok, khan ada mamanya yang cute.. hehehhe

    beli buku aja trus diajarin sendiri di rumah..

    kalo dia dah hapal habis dan bosen buku satunya baru deh beli buku yang lain, kalo bisa dia sendiri yang pilih jadi dia belajarnya fun ga BT.

    ponakanku senengnya The Cars, sampe hapal mati ama buku ceritanya…

    semua buku tentang mobil, sewaktu ada kecelakaan dan dia lihat dia langsung nyeletuk ” bi uda, ambulance-nya mana?”

    So ga usah dipaksa pokoknya dia senang…

    *sok tau banget ya indah, boro2 punya anak, merit aja belum kekekkekekke *

    ^_^

    cutemom cantik : iya mahaallll beneeerr..heran dech gw kak…pdhl gw dah niat bgt, sok-sok education anak number 1 lah, gw relaaa ga beli baju or makan steak biar anak bisa playgroup…eh..eh…gataunya.?????GUBRAK

  27. kalo ada uang play grup juga baik mbak
    anak pertama ya?
    ehmmm
    soalnya kalo anak pertama takutnya kurang bisa sosialisasi
    kalo dirumah terus

    cutemom cantik : ya..anak tunggal…

  28. sst…………..tenang sudah anaknya kan,jeung.nah sekarang nulis kembaliok. semangat…….sst! awas bangun!

    salam hangat selalu

    cutemom cantik : yaaah…dia bangun deh bang

  29. langsung ke bangku kuliahan lebih baik

    *Jayus mode on*

    cutemom cantik : kan dah gw bilang..kenapa ga langsung tunangan aja kali yeee ma anaknya ariel peterpan si aleea

  30. tk aja mbak, tk kecil kayake ada juga

    cutemom cantik : ya iyalah…ada TK kecil, sebelum TK besar kan kita masuk TK kecil dulu mas..

  31. Playgroup kayaknya baru populer belakangan ini yah? Ketika anak2 kehilangan space halaman bermain di rumahnya. Ketika orang tua tak punya banyak waktu untuk kembali menjadi ‘kanak-kanak’. Saran saya : make your own playgroup ajah. Luangkan waktu untuk bermain dengan anak-anak, dan beri peluang anak bersosialisasi dengan teman-temannya.

    Salam kenal!

    cutemom cantik : ok

  32. lam kenal….

    cutemom cantik : lam nal jg

  33. kalau secara Psikologis mending playgroup dulu, mengapa..?
    karena didalam playgroup nanti, akan mendapatkan banyak sekali pengalaman dan playgroup selalu mempunyai guru yng mendidik dan sabar…

    cutemom cantik : ok.masukannya diterima

  34. Wah..wah…dah punya anak ya..mau TK lagi…
    Salam kenal ya…?

    cutemom cantik : bukan mau TK..tapi mau milih2 dulu niy

  35. kalo menurut aku seh, bagusnya langsung SD aja ntar🙂
    kayak aku dulu, hihihi

    cutemom cantik : yaah togi..kynya zaman skrg harus TK dulu deh, baru bisa SD..na, gimana kalo lo masuk TK bareng anak gw, kan lo belum pernah TK..hehehehhe…becanda gi

  36. wah aku dulu juga langsung SD tuh😀 soalnya jamn dulu belum ada TK dikampungku.
    Tapi menurutku sih ke TK langsung aja. masa kecil biar dididik mamanya. kan mama lebih tau seluk beluk anaknya…

    cutemom cantik : oh jelas..gw didik dulu, digembleng dulu ana k gw…coz agak2 bandel…iihhh

  37. Kalo ada alternatif palygroup yg lebih murah
    mending didaftarin aja selama putra mbak senang dengan suasana barunya
    tapi kalo cuma ada yang segitu ga usah dipaksain lah mbak
    daripada ngeberatin
    yang penting anak mbak sekarang punya ibu yang telaten, perhatian dengan masa depan anaknya😀

    cutemom cantik : hehehehe..emang gw telaten kok..

  38. Pendidikan memang mahal bu, tapi sebisa mungkin sebagai orang tua memberikan yang terbaik buat anaknya.. Saran saya, playgroup dulu saja…🙂

    Yang paling pentng, anak harus les inggris, itu yg WAJIB!! Sekarang saya ngerasa dampaknya, bnyk gagal dalam interview hanya karena inggris…😦

    Salam kenal dari – s L i K e R s –

    cutemom cantik : iya tuh bhs inggris..nyebelin bgt gw, walau gw sedikit bisa n ngerti tapi dalam menjawab masih ragu2….

  39. masuk sd langsung aja mbak, kan jenius, hahahhaa

    salam kenal dari blogger solo😀

    cutemom cantik : …yah.sama aja niy kaya si togi

  40. klo umurnya blm ckp atau blm pas msk TK, y masukin aj k PlayGorup, biar lbh cepat tanggap, tp klo umurnya udah pas mauk TK, lasngung aj mauskin TK…hehe
    Makasih y udah mampir ke blogQ
    salam kenal

    cutemom cantik : sama2 ya…lam wat makassar

  41. Hmm TK dulu kalee yach biar to anak ngerasain gimana nikmatnya masa anak dan masa kecil yang klo di playgroup diadapaetin lengkap dari segi permainan, belajar, dll sebagainya.

    cutemom cantik : iya, yang katanya PLAYGROUP cuma tepuk tangan aja byr 5 juta ..OMG

  42. jawabannya tergantung uang.
    Kalo uang banyak ya lebih baik sekolahan dulu dong biar tambah lancar di sdnya nanti

    cutemom cantik :oke deh bos

  43. Klo bisa sih langsung perguruan tinggi saja biayanya hampir sama heu heu😀
    Nyasar kesini. sekalian aja salam kenal

    cutemom cantik : hehehehe….perguruan tinggi lebih mahal kali dari 5 jt

  44. mnrt dq mbak..intinya pg n tk msh mrpkn ajang sosialisasi bagi sang anak tuk mengenal “lebih jauh” alam pendidikan..
    dq cmn khawatir, klo pake pg, pake tk, pake SD dll, ntar si anak cepat mrasa “jenuh”! Lbh baik lgsg TK aja, sembari kita knalkan “beberapa hal” sendiri spt games edukasi dll di rumah..gmn mbak?

    cutemom cantik : iya ya benar juga…apalagi saya belum bekerja. tapi ini desakan dari omanya anakku nih..suntuk kali yah dirumah terus….

  45. Nggak usahlah masuk play group, langsung aja TK. Play group menurut saya cocok nya di Luar negri aja.
    Anak-anak kita kan masih punya tetangga, masih saling kenal dengan anak-anak lain, masih bermain. Ngapain untuk main2 aja , buang2 uang. Masih banyak anak2 yang belum bisa sekolah.
    Jangan karena gengsi jadi ikut2 an masuk Play group. ha-ha.

    Kalau anak saya di tanya, mau sekolah gak. jawab anak saya Nggak mau , maunya kerja dulu baru sekolah. kayak papa ama mama katanya.

    cutemom cantik : sekolah sambil kerja juga bagus kan bang

  46. hihihi… anaknya di boboin dulu bos

    cutemom cantik : hehehehe dah bo2 tuh

  47. 1st, modom? batak toh
    hehhee
    horas deh klo gt.
    2nd, salam kenal
    3rd, PG or TK? no comment deh, dulu gw ga 2 2 nya, alias lgsg SD. jd g tau bedanya hehhe
    GBU

    cutemom cantik : OK lam kenal juga, ya gw setengah batak…

  48. menurutku cari yang paling mudah aja, yang terdekat, yang termurah, tujuannya cuman blajar bersosialisasi, tapi bukannya di rumah dia juag udah banyak temennya? menurutku sih kalo semahal itu ga perlu kali ya, mending ditabung buat masuk SD nya aja.. mahal loh SD sekarang.. puyeng juga nih, untung anakku masih kecil, hehe…

    cutemom cantik ; iya niy aku masih bingung..ini juga desakan omanya anakku..jadinya…gatau dech apa sekolah atau drumah aj


Tinggalkan Balasan

Kategori

