Oleh: cutemom16 | November 17, 2008

Please…Don’t Do That!!!

Jadi Begini ceritanya..sebulan lalu gw janjian ma sahabat gw dikampus…kita janjian dengan membawa anak masing2. Jam 11 ketemuan dikantin kampus trus cipika cipiki…dilanjutkan dengan makan siang..Setelah makan siang tiba2 sahabatku ini mgeluarkan rokok, langsung gw teriak ” wooiii, jangan ngerokok depan anak gw dong”. trus sahabat gw bilang “emang kenapa?, ga boleh yah. kalo gw dibolehin ngerokok depan anak gw”…langsung gw jawab “yaa itu kan anak lo, lagipula apa kata anak gw nanti kalo dia liat ada cewe ngerokok, selama ini kan yang dia tau cuma laki2 yang ngerokok, ntar dia ngadu2 sama suami gw, bisa digorok gw nanti, disangkanya gw ikut2an ngerokok juga lagi”. …akhirnya setelah melalui perdebatan, ga jadi juga sahabat gw ngerokok…hehehehehehe

Bukannya apa2 siy, tapi gw ga mau aja anak gw liat ada cewe ngrokok. walau sekarang banyak juga cewe ngerokok tapi berhubung gw sama sekali ga ngerokok (alhamdulillah) jadi gw ga mau meracuni pikiran anak gw..karena kata orang anak itu ibarat kertas putih dan orangtua tintanya . jadi gw mesti nulis yang bagus2 dong di kertas putih itu..iya nggakk…?????


Responses

  1. Ah betul kali adekku ku ini Bah, jangan sampai anak kita yang masih polos “hati dan pikirannya” di kotori dengan hal yang tidak biasa. Merokok juga membahayakan orang di sekitarnya (perokok pasif), berbahaya dengan kesehatan.

    Betul sekali kau dek, jauhi segala bentuk contoh yang kurang baik di depan anak-anak. Memori mereka sangat kuat dalam merekam dan mengingat sesuatu yang baru.

    Sukses ya Dek, bila punya kesempatan mapirlah ke blogku ya.

    Mauliate dan Horas …

  2. Aduh…

    Saya benci banget sama perokok.. (tapi entah kenapa, semua Mantan Pacar saya perokok semua… hihi)
    Mungkin saya juga sama nyolotnya seperti Mbak…
    Karena buat saya, merokok di public area itu mengganggu sekali… Asapnya itu lho yang bikin nggak tahan… Mata saya bisa memerah… Kalau saya kan bisa aja nahan diri, demi persahabatan, misalnya. Tapi kalau sudah berurusan dengan anak kecil… uuhh.. no way. Musti segera bilang, “Please, we have a kid right here. Do you mind if you stop smoking?”🙂

  3. Setuju….sebaiknya asap rokok harus dihindarkan dari anak kecil….. kebetulan saya tidak perokok.
    BTW banyak cewek yang tidak suka pada asap rokok….tapi koq saya nggak laku laku juga ya….. padahal kan bukan perokok….??????

  4. @ David Pangaribuan > ya mksh bng..toh masa dpan anak tgantung mamaknya juga kan…aku sayang kali ma anakku..
    olo..olo bng,nanti aku smpatkan kunjungi kblog abng.
    horas

    @ jeunglala > iya,aku jg ga suka mlhat cw mrokok,tp dia shbatku..dan aku ga tgoda untungnya.
    wah,susah mba cri laki2yg tdk ngerokok.. 1:1000 x ya
    btw,sukses bukunya ya

  5. merokok itu polohan, tapi sebaiknya memang tidak dilakukan di depan anak kecil…

  6. @ michaelsiregar > bang michael, mungkin krn abang bukan perokoklah mknya jd panglatu,sekali2 action merokok dikit2 di dpn borui biar pada klepek2 borunya..hehehehe….peace bang!

  7. Alamaaaak….ada lagi nih cerita merokok,ampuuuuun deh hahahaha
    Kayaknya cuma anak gw yang bisa menghentikan gw merokok ntar… (Memori mereka sangat kuat dalam merekam dan mengingat sesuatu yang baru:DAVID PANGARIBUAN),
    Emaknyapun yang notabene orang kesehatan tak mampu menghentikan kebiasaan gw yang perokok berat.
    Dulu sih waktu belajar merokok tujuannya gagah-gagahan…nah sekarang sudah menjadi kebutuhan,mau berhenti susahnya minta ampun,RASAIN!!!

  8. @cutemom
    Loh kok kau suruh pula lae Michael Regar merokok, JANGAN!!!

  9. Tak ada sama sekali hubungan merokok dengan boru, malah yang ada semakin jauh nanti,yakinlah… hehehe

  10. bang syahrul, bukannya aku senang kalo bng michael terjebak dlm asap rokok tp kan sekali2 lah…sapa tau wktu dia lg mrokok,ada boru lewat eh,na borui dokkon “alamak,na jeges michael on” hehehe.(hanya sbgai pemikat pertama x aja)

    kalau bng syahrul yg udah ktagihan,lbh baik bhenti…menguras isi kantong,membuat sakit jantung..apalagi ya?

  11. Euuhhh rokok .. selalu subjektif menilainya *IMHO* ,tapi di depan anak kecil ya akur,mending jangan….
    =-=-=
    Numpang ngintip2 yak…

    cutemom : iya betul itu..silakan ngintip2 tapi awas bintitan matanya..hehehehhe

  12. Yup walaupun saya perokok tapi saya ga pernah merokok dirumah, kasihan anak takut kena imbas

    mangkanya didalam rumah saya dipasang

    NO SMOKING IN AREA

    itu istri saya lho yang pasang, sampe-sampe semua tamu kagak berani meroko dirumah saya
    hehehe

    cutemom : wah omiyan..bagus juga tuy biar rumah aman dari penyebab sakit jantung.

  13. Hmm, Apa enaknya merokok sih ?! *kesel*

    Contoh ibu yang baik,, hehehe… ^^

    cutemom cantik : ah..johan apa betul lo ga ngerokok de’???

  14. Yuk ikutan Lomba Blog, Hadiah total 10jt + handphone+ internet speedy. lihat info di http://www.audiochute.com

    cutemom cantik : haaah lomba blog???ah, tapi blog gw ga seberapa, ini aja gw dont have much time ..insya allah ye

  15. Ibu teladan
    ibu siaga
    Siap antar jaga😀

    cutemom cantik : waduh..kaya lagi hamil aja gw

  16. Wah menurut saya, merokok itu tidak baik. Tidak peduli cowo atau cewe yg merokok. alasannya? baca ini deh, mba :

    http://buleto.blogspot.com/2008/07/nice-girls-dont-light-up.html

    salam kenal🙂

    cutemom cantik : salam kenal juga..oke i will be there

  17. Yuppp setuju… sayah juga merokok harus mulai cari alternatif lain… berhubung anak semakin mengerti dan belajar

    cutemom cantik : yupp juga..anda benar

  18. cutemom…….
    gak perlu takut kalo ada yang merokok didepan anakmu.
    nope harus takut….
    anakmu itu ibarat kertas masih putih.
    kasih masukan tentang “apa itu rokok”, “apa bahayanya merokok” dan apa untungnya tidak merokok.

    Justru, jangan banyak menutup nutupi sesuatu yang jelek terhadap anak melainkan, lebih terbuka, memberikan pengetahuan tentang kejelakan2 tersebut.
    Ingat loh, anak sangat cepat meniru. Jangan sampai suatu hari anakmu ketika diluar jangkauanmu, dia melihat yang jelek dan langsung meniru, kamu akan shock.
    Lebih baik, lebih dini, mulai mengajarkan “mana yang baik dan benar serta mana yang buruk dan tidak perlu/harus dicontoh”……
    Tidak selamanya atau 24 jam terus menerus kamu mendampingi sang anak….
    Bagaimana kalo sudah waktunya sekolah…
    Kan kamu tidak bisa mendampinginya disekolah…
    Anakmu akan mempunyai banyak teman, baik anak yang alim maupun yang nakal…..
    Anak yang sudah mulai pinter bertanya, justru harus diberikan keleluasaan, sebagai ibu, harus bisa menjelaskan dengan baik dan benar serta memberitahukan mana yang baik dan buruk…..

  19. @ mozarella18 > wah,kalo saya ga menutup2i laki2/pria yg mrokok dpan anak sy,yg sy maksud dpostingan ini, sy ga suka ada CEWE yg mrokok didepan anak sy..

  20. bah..perhatian kale ini mom, baek banget ma anaknya…salut mom…
    lam kenal ya…

  21. @ arya > thanks ..yah..ah jadi ga enak hatee niy

  22. Biar aja walaupun mbak dianggap kuno ato nggak modern.Yg penting sampeyan punya prinsip untuk kebaikan sendiri & keluarga

    Saya perokok juga,tapi kalo di rumah ngrokoknya diteras depan ato belakang rumah.Bukannya nggak berani sm istri.Tapi menjaga kesehatan istri & anak anak
    soalnya untuk menghilakan kebiasaan merokok blm bisa
    Dan kalo lagi nyetir mobil saya merokok juga,kecuali ada anak istri.

  23. @ eddy > wah….koment gini nih yang menyejukkan hatiku…iya ya..tergantung orangnya ya..semua orang punya aturan tersendiri ttg menjaga anak

  24. Wah betul sekali itu mbak….Yaya setuju. Yaya juga gak suka ada rokok, tapi untuk membasmi rokok sulit kali ya😀
    salam kenal

    cutemom cantik : bener yaya..tapi skrg pemerintah kan lagi menjalankan program bebas asap rokok di tempat umum

  25. sungguh ibu yang baik…🙂

    kapan yah aku punya anak??? wahahaha……….🙂

    cutemom cantik : wah…someday u will be…

  26. cutemon wrote:
    @ mozarella18 > wah,kalo saya ga menutup2i laki2/pria yg mrokok dpan anak sy,yg sy maksud dpostingan ini, sy ga suka ada CEWE yg mrokok didepan anak sy..

    mozarella18:
    Yang merokok cewe atau cowo, didepan anakmu, biarkan saja.
    Di postingan mu itu bukankah kamu minta agar temanmu yang cewe itu jangan merokok didepan anakmu. Maksud ku adalah yang itu. Biarkan dia merokok, biarkan anakmu melihatnya, tapi nanti setelah tidak bersama teman cewemu yang merokok, baru jelaskan.
    Paling penting, adalah memberi pengertian dan pengetahuan tentang merokok serta bahaya2nya.

    Intinya, adalah memberikan pengetahuan dan pembelajaran berdasarkan fakta2 realitas yang ada disekitar kita.

    Ada lagi contoh, kadang dalam kemacetan lalu lintas, kala itu kita berada dibelakan sebuah biskota atau metro mini. Tahu2 turunlah sopir atau kenek bis itu, lalu kencing seenaknya disamping bisnya pada bagian ban entah ban depan atau belakang.
    Dengan melihat realitas seperti itu, kita wajib memberitahukan dan mengajarkan anak2 kita yang masih kecil bahwa hal tersebut tidak baik dan tidak sopan serta sangat memalukan.
    Kalau kita tidak memberitahukan dan mengajarkan, maka akibatnya, nanti anak tersebut juga akan seenak udelnya, mo kencing tinggal buka celana dimana saja dan kapan saja.

    Memang tidak mudah menghadapi anak2 kecil apalagi jika mereka juga kritis bertanya ini dan itu.
    Kita sebagai Ortu harus siap menghadapi itu dan jangan sekali kali “membohong”.

    Seandainya, pada saat sang anak bertanya sesuatu dan kita tidak bisa atau belum siap menjawab, sebaiknya kita memberikan alasan yang tepat seperti: “oh, mama/papa tidak tahu. Tapi nanti mama/papa akan cari tahu dulu ya.”

    Satu saat, dan pasti, …… sang anak akan mengetahui bahwa waktu itu kita berbohong, maka mereka akan kecewa dan hilang respect kepada Ortu.
    Hal ini jauh lebih berbahaya, dan sangat berbahaya…….

    semoga bermanfaat.

  27. waduh salut sama anda..
    bisa menyaingin super woman ini (anda kan super mom) he..he..

  28. (*dq langsung ngluarin rokok dari saku*)..peringatan pemerintah :merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin!

    cutemom cantik : yup benar..dont do that ya

  29. Horas……
    Saya setuju dengan Ito,
    janganlah merokok di depan anak2. Saya juga kl merokok saya usahain di Teras rumah, pokoknya jangan di rumah, tapi susah juga kalau datang tamu, apalagi yg datang si Tulang, gak mungkin saya bilangin jgn merokok di rumah Tulang, nanti apa kata dunia…..

    cutemom cantik : ya makasih..eh, manggilnya apa aku ya

  30. Bener banget deh mbak… kl lg ada kumpul keluarga or papaku ngerokok di depan anakku atau di dalam ruamh langsung deh aku bilang “ga boleh ngerokok, ada Danish!”

    Manjur lho…

    Aku sendiri BENCI banget sm org yg merokok ‘seenak perutnya’ aja, ga liat sekelilingnya, kyk dia aja yang punya dunia ini

    cutemom cantik : yup aku juga


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: