Oleh: cutemom16 | Oktober 22, 2008

Kepolosan Seorang Anak Kecil

Kala itu gw dan anak gw sedang nonton tv berdua…sedang asyik2 nya  menonton, tiba2 anakku nyeletuk “ma, kok tantenya ga pake baju sih?”, oh…gataunya tanpa gw sadari di acara tv yang kami tonton ada seorang artis yang hanya memakai tanktop dan celana pendek aja..spontan gw jawab “pake baju kok, namanya tanktop”. trus dia bertanya lg “kok ga pake baju ma”, yaaah…bingung gw jawabnya..gw bilang aja “iya tuh, tantenya lupa pake jaket, jaketnya ketinggalan kali dirumah”..eh..nanya lg dia “ga pake baju kok, ma”..yaahh..guubbraaak!!@#@#$$!!@#@..bingung gw mesti jawab apalagi..akhirnya gw ganti aja ma tayangan kartun di sapce toon, daripada dia pikirannya enggak2..harus gw sadari anak gw tambah besar tambah mau tau sesuatu n gw jg mesti hati2 dan ngawasin acara tv nih….walaupun dia baru umur 2 tahun 8 bulan..tp gw ga mau dia salah menangkap..trus malamnya…jakarta panas bgt terasa..tanpa sengaja gw pake daster yang ber u can-see..eh, anak gw nyeletuk…”ma, kok mama ga pake baju?”…astaghfirulllah…!!@#!@buru2 gw ganti daster gw jadi kaos…oh, anakku….buat para blogger2 lain, jikalau menghadapi pertanyaan anak2 apa yg mesti dlakukan n jawaban apa yg harus diberikan..mohon bantuannya yah


Responses

  1. Anak-anak memang polos, apalagi baru 2 tahun. Pertanyaan-pertanyaannya kadang aneh di telinga. Mereka lebih suka mempertahankan pendapatnya yang keliru, walau sudah kita beritahu berulang-ulang, tetap saja. Hehe

    Salam kenal

  2. @ irna > yup benar..msh bnyk lg ptnyaan2dia yg aneh2.cuma sminggu ini yg dia tanya ya hal itu…gw sbgai ibu muda kan msh perlu bimbingan jg dlm hal mjwb ptnyaan anak2..maklumlah didlm keluarga,gw anak bungsu ..lam knal jg.

  3. Coba diskusi sama mbak yang punya blog di : mualafmenggugat@wordpress.com.
    Saya yakin dia bisa diajak diskusi tentang “Cara Menjawab Pertanyaan Anak2”, soalnya kalian sama-sama ibu muda kayaknya, bahasanya juga asyik tu.

  4. oh gtu ya bng..ok dh tar aku visit blognya…

  5. Punya anak menyenangkan, dan yang paling sulit adalah menjawab pertanyaannya dengan bahasa sederhana dan mudah dipahami. Jika ada pertanyaan aneh, atau dia melakukan hal yang bisa berbahaya…paling aman adalah alihkan perhatiannya.

  6. Hehehe,,, saya tidak tau harus ngapain mom,, belum punya anak soalnya🙂😀

  7. yup bu edratna benar…alihkan perhatiannya itu yang paling simple yh pertama kali harus dilakukan kalo kita dah bingung…

  8. wah, acara apa itu bu? saya nyari-nyari yang gituan malah ndak nemu-nemu…

    slengekan mode: on
    dasar jejaka tuwa:mrgreen:

  9. hihi bener bange deh tuh
    intinya si kita jelaskan saja apa adanya dengan bahasa yang sederhana..

    tau gak sist..aku pernah makan di restoran..dan ada anak yang bertanya..
    “mama neraka itu apa?”

    mau tau apa jawaban mamanya??

    “Neraka itu kalo mama marah gara gara kamu makannya lama..makanya makannya jangan lama lama!!!”

    hihihihih

  10. hehehehe…jawabannya oke bgt mba…lucu..boleh juga niy…,,gw setuju..hihihi

  11. itulah kenapa saya belum punya anak
    belum siap menjawab pertanyaan mereka

  12. yaaaahh achoey…itu mah bukan alasan atuh…

  13. wowww……
    be carefully……..
    salah kaprah menjawab pertanyaan anak, maka akan menjadikan sang anak juga salah…..
    Nope???????
    Anak itu masih polos, bak kertas putih yang belum ada warna dan goresan2 tinta…….
    Jika kita salah kaprah dalam memberikan penjelasan ataupun jawaban2 atas pertanyaan sang anak, maka ibaratnya kita memberikan warna hitam diatas kertas yang putih itu. Alangkah mengerikan dan misteriusnya warna hitam tersebut!!!!!
    Bukankah lebih baik memberikan jawaban yang benar dan baik, sehingga bisa memberikan warna2 yang baik dan cerah diatas kertas yang masih putih dan polos itu.

    Seperti anakmu menanyakan masalah pakaian tanktop yang dikatakan “tidak pakai baju”…… bukankah lebih baik lagi jika kamu sulit menjelaskan dengan lisan, gunakan gambar. Kamu lukiskan (walaupun jelek) apa itu yang namanya tanktop dan apa itu yang namanya “TIDAK MEMAKAI BAJU”…..

    Seperti halnya ketika kamu memakai daster “u can see”, jelaskan dan tunjukkan bahwa mamanya masih memakai baju dengan model u can see. Kamu juga harus berani menunjukkan bagaimana kalau kamu tidak memakai baju…..
    Bukan karena tidak bisa menjawab, kemudian kamu mengganti baju……..
    Wah, repot deh, kacian anaknya. Nanti selamanya dia akan berpikir kalau ce pake tanktop, or u can c…. or celana/baju ketat…. sama dengan “tak berbaju” alias telanjang……

    Be carefully…….

    Jika ditanya apa itu neraka…..
    maka jawablah dengan baik dan benar, apa itu neraka dan apa itu surga, sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya…..
    adalah salah besar jika kita menjawab bahwa neraka itu seperti ini:
    “Neraka itu kalo mama marah gara gara kamu makannya lama..makanya makannya jangan lama lama!!!”

    Woooowwww…… masa gara2 makannya lama,langsung masuk neraka ??????????

    Ingat loh…..
    anak itu masih lucu a.k.a. lugu dan culun…… masih polos….. masih bersih otaknya…… memorynya masih kosong….
    dan masih mudah menyerap apa yang dilihat, apa yang didengar, mudah disimpan karena HDnya belum penuh a.k.a. memorynya masih kosong…..

    cutemom cantik : waduh..waduh..ampyuunn dech gw dikoment sperti ini..hik..hik…yah..bgtulah anak gw..sampe sekarang pun masih beranggapan seperti itu…dan gw juga jawabannya masih seperti itu n kadang cuma nyengar-nyengir aje..

  14. tuh… anak kecil aja tau. mana yang telanjang dan mana yang enggak. harus di syukuri tuh mbak, karena boleh jadi itu peringatan buat kite2 yang tua tua ini.

    cutemom cantik : “kite…??????” hehehehe

  15. anak ibu pintar..🙂

    salam ya sama anak ibu

  16. ahahahaha…..beanr tuh kk. buat para ibu2 harus lebih berhati2 dalam memilih tontonan buat para anaknya. memang uncu belum pernah kawin tapi punya banyak ponakan. jadi belajar dari ponakan.


Tinggalkan Balasan

Kategori

