Oleh: cutemom16 | Agustus 25, 2008

BERMAAFAN SEBELUM PUASA….WAJIBKAH????

hai semua…gak terasa seminggu lagi  semua umat muslim menjalankan ibadah puasa. Ada yang bilang sebelum puasa harus nyekar kemakam orang tercinta, atau sebelum puasa harus bermaaf-maafan biar afdol n puasa kita lancar…Tapi apa benar bermaafan sebelum puasa itu wajib???? pasti kalian semua minggu2 ini sibuk sms-an atau telepon atau bersalaman ketika ketemu teman dijalan dan pasti pada bilang ” maafin gw yah, mau puasa nih soalnya, biar lancar”…bener gak?? yang pasti puasa itu yah, lancar atau tidaknya, afdol atau tidaknya tergantung masing2 orang ah…mungkin bermaafan hanya sekedar mitos….tapi apapun itu..terserah masing2 dech


Responses

  1. Hehe… saya sih anggep itu kewajiban. ya namanya bermaafan, memang harus toh..
    tapi kalo cuma pas mau puasa n lebaran aja, justru saya kurang setuju..

  2. Iya gw juga merasakan kewajiban.
    Memberi maaf dan memafkan adalah salah satu pekerjaan tersulit di muka bumi ini.

    Horas!
    Minal aidin walfaidzin

  3. Kalo menurut Pak Ustad, tidak ada tuntunan dari Rosulullah, bahwa sehabis sholat Ied Fitri, kita bermaaf-maafan. Tradisi spt itu cuma terjadi di Indonesia Raya aja. Di Arab dan banyak negara lainnya, tradisi halal-bi halal gak ada.

    Justru, tradisi halal-bi-halal kalo dipikir2 juga menimbulkan pertanyaan. Kenapa kita bermaaf2annya setelah kita menunaikan puasa Romadhon (saat lebaran)? Apakah bulan puasa merupakan bulan dimana kita banyak melakukan dosa?

    Namun, ada sisi positif juga dari acara maaf maafan. Kita bisa sekalian silaturahmi ma Ortu (termasuk mertua bagi yang udah nikah), tetangga dekat, sodara jauh yang biasanya jarang ketemu, termasuk juga ma calon mertua….heheheh

    Saya sependapat dengan Bu Oche, bahwa saling bermaafan itu sepatutnya dilakukan tidak hanya saat lebaran aja.
    🙂

  4. ya,benar jg mas deny.mgkn krn skrg orang dah pd punya hp,jd kalo ada sms masuk yg isinya minta maaf sblm puasa pasti dia teruskan/kirim lg sms tu ma org lain..memang siy silahturahmi saat lbran perlu bgt,khususnya orang jakarta yg tinggalnya bjauhan.tp smenjak pnya anak,kdg sy malu dateng pas hari ke 3 lbran krmh uak atau siapalah,tkut ntar dsngka minta thr buat anak sy.hehe

  5. yg pasti ga wajib tapi bagus bagus aja alias ga ada salah nya aku ajarkan itu pada anak ku ko
    seperti nyekar jarah kubur itu ga wajib tapi baik untuk mengingatkan kita pada kematian dan jasa jasa si mayat
    yg pasti ga nyembah makam kan

  6. minta maaf itu bukan hal yang jelek kok

  7. @ khim > yup benar


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: